Kelas yang digunakan untuk menggambar, yaitu:
1. Line2D.Double : kelas untuk membuat kotak
2. RoundRectangle2D : kelas untuk membuat kotak dengan ujung melengkung
3. Rectangle2D : kelas untuk membuat kotak
4. Ellipse2D: kelas untuk membuat oval (elips)
5. Arc2D : kelas untuk membuat busur
Java 2D juga menyediakan kelas GeneralPath yang berguna untuk membuat poligon. Pada kelas ini terdapat metode-metode penting seperti berikut:
1. lineTo(x,y) : untuk membuat gambar dari posisi penunjuk gambar ke posisi (x,y). Setelah
itu penunjuk gambar diletakkan ke (x,y).
2. moveTo(x,y) : untuk memindahkan penunjuk gambar pada posisi (x,y).
3. curveTo(x1, y1, x2, y2, x3, y3) : untuk membuat lengkungan dari posisi penunjuk gambar
ke posisi (x3, y3) dengan (x1, y1) dan (x2. y2) sebagai pengontrol lengkungan.
4. quadTo(x1, y1, x2, y2) : untuk membuat lengkungan dari posisi penunjuk gambar ke posisi
(x2, y2) dengan (x1, y1) sebagai pengontrol lengkungan.
Naah aiio kita memanfaatkan beberapa kelas diatas untuk membuat piring terbang dengan latar belakang bintik-bintik bintang dilangit dan dibawahnya ada mobil.
Programnya seperti dibawah ini :
import java.awt.*; import javax.swing.*; import java.awt.geom.*; import java.util.Random; public class PiringTerbang extends JFrame { public PiringTerbang() { super("Contoh Membuat Piring Terbang"); setSize(500,300); setDefaultCloseOperation (JFrame.EXIT_ON_CLOSE); setVisible(true); } public void paint(Graphics comp) { Graphics2D g2d = (Graphics2D) comp; //--- Buat Bintang Random acak = new Random(); for (int i=0; i<1000; i++) { double x = acak.nextInt(600); double y = acak.nextInt(220); Line2D.Double sisi_bintang1 = new Line2D.Double (x-1, y-1, x+1, y+1); Line2D.Double sisi_bintang2 = new Line2D.Double (x-1, y+1, x+1, y-1); g2d.draw(sisi_bintang1); g2d.draw(sisi_bintang1); } //--- Buat UFO Ellipse2D.Double ufo = new Ellipse2D.Double(250, 50, 100, 25); Line2D.Double antena = new Line2D.Double (300, 50, 300, 35); g2d.setPaint(Color.black); g2d.fill(ufo); g2d.draw(ufo); g2d.draw(antena); //--- Buat Garis Mendatar Line2D.Double horison = new Line2D.Double(20, 245, 480, 245); g2d.draw(horison); //--- Buat Mobil GeneralPath gp = new GeneralPath(); gp.moveTo(100, 255); // ke ujung kiri bawah gp.lineTo(100, 240); gp.lineTo(120, 235); gp.lineTo(130, 220); gp.lineTo(190, 220); gp.curveTo(200, 230, 210, 240, 210,255); gp.lineTo(195, 255); gp.quadTo(185, 275, 175, 255);// Roda Kanan gp.lineTo(135, 255); gp.quadTo(125, 275, 115, 255);//Roda Kiri gp.lineTo(100,255); g2d.setPaint(Color.red); g2d.fill(gp); g2d.draw(gp); } public static void main (String [] args) { PiringTerbang app = new PiringTerbang(); } }
~~Semoga Bermanfaat dan Selamat Mencoba~~
Posting Komentar